Friday, August 23, 2013

Tiket Harian Berjaminan (THB)

“Gila ngantri banget ini ada apa sih ini? Masa beli karcis KRL aja ngantri.”

            Yap ini percakapan terjadi Kamis, 22 Agustus 2013 di stasiun cikini, Jakarta pusat oleh ibu-ibu di belakang saya. Biasa ibu-ibu kalau gak dilafalkan agak gak sreg di hati gitu.(maaf mama). Kondisi di loket karcis KRL di cikini kamis sore itu memang antri panjang sekali, saya pun gerundel dalam hati kok. Semua heran, ada apa ini?

            Ternyata kamis sore kemarin itu telah diberlakukan Tiket Harian Berjaminan (THB) pengganti dari tiket single trip. Saya baru tahu ya ketika sampai depan loket, pantes antre kan penjaga loket memberikan penjelasan mengenai aturan baru ini kepada setiap pembeli tiketnya.

“Aduh dasar Indonesia, masa ampe penumpangnya pada gak tau trus terjadi trouble antrean gini.”

            Tunggu sebentar jangan pada gerundel dulu. Jangan salahkan negara kita dulu ya, kasian loh disalahin terus, yuk deh di cek bareng-bareng. Dari PT. KJC sudah melakukan sosialisasi sebelumnya dengan menyebarkan brosur, memasang spanduk, dan pake pengumuman di sela-sela info jadwal keberangkatan kereta kok. Bukannya saya mau menyalahkan, tapi ya kurang jelas dan kurang terpapar dengan baik sih. Jujur saya sebagai penikmat KRL selama satu bulan ini gak ngerti maksudnya apa sama kebijakan tiket yang diganti ini. Kan pengguna KRL tidak semuanya warga asli jabodetabek jadi bingung. Saya sadar saya salah juga, baca brosurnya cuma sekilas gak ngerti maksudnya apa tapi gak mau nanya ke petugas loket. Jadi podo-podo wes, sosialisasi yang kurang booming dan penumpang yang tidak kritis untuk bertanya menjadi sumber masalah.

“ Ini ngapain sih kok jadi pake THB, emang kenapa kalau pake kebijakan yang lama, kan lebih gampang.”

            Udah seribu penumpang pagi ini ngomong kayak gitu ditengah-tengah empet-empetan dalam gerbong kereta khusus wanita. Sempet aja ya komentar dalam kesumpekan yang dasyat, begitulah wanita. Di kantor saya juga pagi-pagi sebelum rapat bukannya bahas agenda rapat, lah kok bahas THB. Saya juga tapi lagi-lagi cuma membatin, ngapain sih pake THB segala, agak ribet gitu. Jaminan 5 ribu rupiah itu untuk apa sih?

            Ternyata dari info yang saya baca di (web resmi KRL) http://bit.ly/1d9dmlI munculnya tiket berjaminan itu akbiat PT. KJC telah mengalami kerugian atas hilangnya 800 ribu tiket single trip yang tidak dikembalikan oleh para penumpang. Saya mendapat info dari http://bit.ly/14nRUET (kompas megapolitan) PT.KAI yang memang sebagai induk dari PT.KJC mengalami rugi sebesar 4 miliar rupiah. Owalah ini loh penyebabnya sodara-sodara. Makannya ada kartu jaminan itu, 5 ribu rupiah itu ya untuk jaminan kartu biar penumpang gak bandel bawa kartu kerumah, kan emang kalau kartu single trip itu dikembalikan pas di stasiun tujuan. Lagian kok bisa ya kartunya itu gak dibalikin, jadi rugi atuh itu KAI nya. Ribet di penumpang juga kan sekarang jadinya.

            Buat teman-teman yang memang tiap hari sahabatan sama KRL, mungkin biar gampang punya kartu multi trip aja biar gak ribet dan gak ngantri. Memang sih kalau pake THB jadi ribet gitu pake nuker duit jaminan, ribet buat yang gak tiap hari naik KRL kan jadi antre panjang. Saya awalnya sebel sama THB ini. Kasian aja kalau ada orang yang harusnya 3000 aja udah bisa sampe tempat tujuan jadi nambah 5000 buat jaminan, jadi paling gak sekarang orang kalau mau naik KRL harus pegang duit 10ribu bair bisa dapet tiket. Masyarakat Indonesia jangan dianggap makmur semua atuh. Sepuluh ribu rupiah itu gak dikit lagi. Tapi mau gimana lagi yang buat awal kesalahan ya dari penumpangnya juga kok.

            Ya gini lah ya elan-pelan kalau memang mau jadi negara maju. Dukung dong E-ticketing di semua stasiun, jangan buat rugi perusahaan yaa. Kalau kata teman saya, perubahan ini memang harus disertai kesebelan yang mendalam. Bapak-ibu yang ngurus ini sabar ya. Semua harus saling mendukung. Sabar kalau kena protes, pemimpin harus biasa kena protes. Katanya harus bermental baja.

            Sekarang jangan saling menyelahkan lah ya. Pihak PT.KJC sampai satu bulan ini memang harus gencar lagi nerangin THB nya, dipantau juga apakah ini efektif untuk mengurangi kerugian. Masyarakat juga, yang punya smartphone cari berita lah jangan di kereta buat main game aja. Yang lain mungkin jangan malu untuk bertanya sama petugas, penumpang lain, baca koran, majalah, dan brosur informasi harap dibaca dengan baik.

Semoga negara ini makin bisa maju aja, baik negaranya, pemerintahnya dan masyarakatnya.
Mau negaranya maju, kita orang-orang nya juga harus mau belajar untuk maju.
Kalau pada masih bingung sama alur E-ticketing monggo di buka di www.krl.co.id

Salam kecup basah dari medan merdeka timur :*
Selamat pagi Jakarta, salam ndusel KRL

Yeaaaah.....


No comments:

Post a Comment